Senin, 25 Oktober 2010

Google mencari 'image' PNS

Suatu saat, saya mencoba mencari gambar yang cocok untuk tulisan tentang pns. Mana lagi, kalau tidak memanfaatkan jasa google alias googling. Konon kata ini sudah masuk dalam kamus.

Seperti biasa klik image atau gambar di pojok atas (kanan atau kiri ya...??) lalu isi 'pns' di field search-nya. Dan hasilnya adalah ....

Google mencari 'image' PNS
Sangat mengejutkan saya. Proses ini terjadi hari ini, Senin 25 Oktober 2010 jam 23.30 Waktu Kupang, NTT.

Lingkaran-lingkaran merah, saya buat untuk menunjukkan perhatian saya.

Pertama: "Penelusuran terkait terhadap kata 'pns'" ditunjukkan google adalah (1) pns mesum, (2) skandal pns, (3) pns selingkuh, (4) pns klaten, (5) pns nakal, dan (6) lowongan pns. 

Kedua: Sebiasanya para lelaki yang 'sok' dan 'ngaku' normal, karena terkait dengan 'kebutuhan primer' menurut si Tung DW, perhatian saya menuju ke tiga lingkaran gambar di bawahnya.

Sekelebat, saya bergurau dengan diri saya sendiri, "Oooo, ini to image pns yang 'bisa' dicari google." Kira-kira ada apa ya?? Apa ini gambaran dari 'image' pns? 

Apa si google bisanya cuma mencari keterkaitan pns dengan mesum, skandal, selingkuh, nakal, dan klaten (yang juga tidak jauh beda dengan sebelumnya), serta lowongan saja???

Wah, kejam sekali.

Penggelisah hati ini adalah: mengapa kata-kata yang berkaitan lebih banyak bernuansa negatif? Mengapa bukan misalnya: 'prestasi pns' 'pns teladan' 'pns abdi negara' atau 'karya pns'.

Lebih lagi: duit rakyat untuk membayar pns, ternyata hasilnya ini?!

Trus tiba-tiba ada celetukan, "Ah, itu kan oknum." 

AH, klise lagi jawabannya ... 'dah basi! Apa-apa yang jelek pasti dibilang 'oknum'. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar